Ikan-ikan Prasejarah

10. Hagfish

Menurut catatan, hagfish sudah ada sepanjang kian lebih 300 juta th.. ditemukan di perairan yang relatif didalam, binatang ini terkadang dimaksud lendir belut, namun mereka sesungguhnya bukan hanya belut, serta sesungguhnya mereka apalagi tidak serupa ikan sekalipun. berdasar sebagian ilmuwan, mereka yaitu hewan yang amat aneh didalam seluruh perihal, mereka mempunyai tengkorak namun tidak mempunyai tulang belakang, serta mereka mempunyai dua otak. nyaris buta, mereka makan pada malam hari mereka mengonsumsi bangkai hewan besar ( ikan, paus dan lain-lain ) yang jatuh ke basic laut.


9. Lancetfish

dikenal sebagai ikan yang telah ada pada zaman prasejarah, gigi yang terlihat keluar serta tajam pada rahang serta sirip pada punggungnya. panjang lancetfish hingga dua mtr., predator ini ditemukan di seluruh samudra jika untuk tempat kutub, lancetfish mengonsumsi ikan kecil serta cumi-cumi, serta lancetfish juga mengonsumsi ikan-ikan besar. 

8. Arwana

ikan ini telah ada pada periode jurassic. hari ini, mereka ditemukan di amazon, serta di bagian-bagian afrika, asia serta australia. terkadang disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis. arwana yaitu ikan yang mengonsumsi binatang kecil serta cacing yang mereka dapat peroleh, terhitung burung serta kelelawar yang mereka tangkap waktu terbang, arwana juga bisa melompat sampai 2 mtr. ke hawa. di cina, arwana dikenal sebagai “ikan-naga” dikarenakan tampilan mereka, serta mereka dikira tandanya nasib baik.

7. Frilled Shark

ini predator yang hidup di kedalaman laut, di antara hiu yang sangat primitif hidup pada zaman saat ini, yaitu peninggalan dari periode cretaceous, hiu berjumbai bisa tumbuh sampai 2 mtr. ( ukuran hiu wanita semakin besar dari pada hiu lelaki ) serta mereka tinggal di perairan didalam, dimana beberapa besar mereka makan cumi-cumi. mereka tidak beresiko untuk manusia, serta sesungguhnya, hiu menggunakan semua hidup mereka tanpa lihat manusia dikarenakan mereka tinggal di laut didalam. cuma spesimen yang telah mati umumnya tampak di permukaan serta dicatat oleh nelayan atau ilmuwan.

6. Sturgeon

sturgeon telah dikenal sebagai di antara sumber utama kaviar( telur ikan ) dikarenakan penangkapan terlalu berlebih, populasinya tengah terancam sekarang ini. spesies sturgeon terbesar bisa tumbuh sampai 6 mtr., yang sama besar dengan hiu putih, sturgeon mengonsumsi binatang kecil dari basic laut serta tidak menyebabkan bahaya untuk manusia, jika di ganggu.

5. Arapaima

arapaima amazon dikira sebagai ikan air tawar terbesar didunia. menurut gambaran awal, dapat tumbuh hingga sampai 4, 5 mtr., namun sampai sekarang ini, arapaima besar layaknya ini jarang ditemukan serta arapaimas sangat dewasa rata-rata berukuran 2 mtr.. arapaima mengonsumsi ikan kecil, krustasea serta apapun hewan yang kecil dapat masuk ke didalam mulut mereka. di antara ciri menarik dari ikan ini yaitu menghirup oksigen dari hawa supaya bertahan hidup. arapaimas tidak menyebabkan bahaya untuk manusia serta kerap diburu untuk di ambil dagingnya, sayangnya arapaima amat langka sekarang ini

4. Sawfish


hewan ini  hidup pada periode cretaceous, serta bisa ditemukan baik di laut atau di sungai pada kedalaman 100 km dengan panjang 7 mtr., ikan ini tampak layaknya ikan hiu dengan mulut yang menyerupai gergaji mesin, tetapi sawfish bukan hanya terhitung didalam spesies ikan hiu cuma serupa. sawfish itu sesungguhnya bukan hanya ras hiu, tetapi terhitung ras ikan pari, dari wujud bawah badannya yang berupa datar, tidak layaknya hiu yang sisi bawahnya yang lebih ramping berupa streamline yang meringankan hiu untuk berenang dengan cepat di air, serta sawfish memiliki mulut kecil yang sejajar dengan tubuh sisi bawahnya yang menyatu dengan tubuhnya. sawfish juga mempunyai sirip depan yang sejajar dengan sisi bawahnya. 

3. Alligator Gar

ini predator bersisik tidak tipis yang ditemukan di amerika  selatan, utara serta timur meksiko dan  jadi ikan air tawar terbesar di amerika utara. alligator gar bisa tumbuh sampai 4 mtr. serta berat hingga 200 kg. alligator gar yang dimaksud demikianlah dikarenakan tampilan mereka serupa reptil buaya serta rahang yang panjang, mempunyai 2 segi gigi yang tajam. alligator gar yaitu predator yang rakus serta sudah dikenal beresiko untuk manusia, walau belum kematian dikarenakan alligator gar sudah dicatat hingga saat ini. gar yaitu di antara dari ikan tertua yang hidup sekarang ini.
2. Polypterus Senegalus

ikan benua africa ini kerap dimaksud “belut dinosaurus”, dikarenakan tampilan mereka serta sirip punggung bergerigi. mereka sesungguhnya bukan hanya belut, namun bagian keluarga bichirs. walau kerap dijual sebagai hewan peliharaan eksotis “belut dinosaurus”, mereka bisa bertahan keluar dari air untuk periode waktu yang lama sepanjang kulit mereka terus basah.


 1. Coelacanth


coelacanth yaitu yang sangat populer dari seluruh “fosil hidup” serta pantas jadi # 1 didalam daftar ini, dikarenakan ini yaitu perumpamaan paling baik dari sesuatu takson lazarus, ini yaitu binatang yang semestinya lama punah serta tidak terduga ditemukan tetap hidup sampai saat ini. ikan ini semestinya sudah punah pada periode cretaceous, berbarengan dengan dinosaurus, namun pada th. 1938, sesuatu spesimen hidup tertangkap di afrika selatan. sejak itu, spesimen sudah dipandang serta difoto, serta spesies coelacanth ke-2 apalagi ditemukan di indonesia pada th. 1999. ikan ini yaitu predator besar, panjangnya 2 mtr., mereka mengonsumsi ikan yang kecil, terhitung hiu kecil, serta umumnya ditemukan di laut didalam perairan gelap.



sumber :  http://www.beritaunik.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar