IKAN TERANEH DI DUNIA

1 Four Eyes Fish (Ikan bermata empat)

 Ikan ini termasuk dalam genus anablepidae yaitu ikan yang hidup di muara sungai bagian selatan Mexico hingga bagian selatan Amerika Selatan. Ikan ini hanya dapat hidup di air tawar dan air payau. Mereka memiliki mata yang terletak di bagian atas kepala dan terbagi dalam dua bagian yang berbeda, sehingga mereka dapat melihat bagian permukaan air dan bawah air dalam waktu yang bersamaan. Ikan ini sebenarnya hanya memilki 2 buah mata, namun kedua matanya yang terletak di bagian aras kepala terbagi menjadi 2 bagian, yakni bagian atas dan bawah yang dipisahkan oleh lapisan jaringan yang tipis. setiap bagian mata memiliki pupilnya sendiri. bagian mata atas untuk melihat di udara (atas permukaan air) dan bawah untuk melihat ke dalam air. ketebalan lensa mata bagian atas dan bawah pun berbeda, semakin ke bawah semakin tipis.

2 ikan kelelawar berbibir merah (Red Lipped Batfish)

ikan ini terlihat seperti memakai lipstik. Ikan ini hidup di perairan Kepulauan Galapagos. Red Lipped Batfish merupakan perenang yang buruk, sehingga ia menggunakan sirip dadanya untuk berjalan di dasar laut. Ketika mulai tumbuh dewasa, sirip punggung ikan ini akan bersatu dengan tulang belakangnya sehingga akan terlihat menarik bagi mangsanya.

 3 spookfish (ikan hantu)

Ikan ini memiliki wajah yang cukup menyeramkan ..
cuma belum ada penjelasan lebih lanjut. hanya menjelaskan tentang barreleye

4
Barreleye Fish - genus Macropinna microstoma (Ikan Kepala Transparan)


Masih satu species dengan ikan hantu, ikan ini mempunyai kepala transparan yang cembung serta diisi cairan bening. sisi pangkal mata serta organ didalam kepalanya tampak jelas dari luar. ada dua gundukan warna kuning kehijauan layaknya 1/2 kuning telur di belakang pangkal mata. ke-2 benda itu berperan sebagai mata. di belakang dua “benda kuning” itu tampak serat-serat berwarna krem layaknya jaringan daging yang telah pucat. dengan ukuran siripnya yang besar, bikin dia terus seimbang. dia hidup pas di batas terbawah kekuatan cahaya matahari menembus kedalaman laut. pada posisi tersebut bikin dia tidak tampak dengan jelas oleh hewan-hewan di sekelilingnya. hewan pemangsa ataupun mangsanya sendiri yang bersembunyi diatas tidak dapat melihatnya. tetapi ikan ini dapat lihat keatas dikarenakan matanya bisa diputar lurus ke sepan maupun ke atas. . ini amat mengagumkan. beberapa peneliti yakin, matanya yang berwarna hijau kekuningan itu sudah berkembang membentuk saringan sinar yang sangat mungkin untuk meremehkan cahaya matahari serta bisa lihat sinar yang berpedar dari ikan kecil serta ubur-ubur yang disebut makanan favoritnya. lalu, apa manfaat ke-2 ‘matanya’ yang ada di depan ? menurut beberapa pakar, sebenarnya ke-2 mata ikan itu yaitu nales, indra penciuman layaknya lubang hidung manusia barrelfish mempunyai kristal cair pada matanya, yang terdapat pada satu area pada sesuatu selaput kecil. jika kristal cair itu rusak, matanya dapat memperoleh tekanan amat kuat serta situasi itu dapat membunuhnya. karena, kita ketahui bahwa tekanan didalam laut pada kedalaman 600 mtr. ke bawah benar-benar sangat kuat serta mematikan.

5  Flying Fish (Ikan Terbang)



exocoetidae atau ikan terbang yaitu familia ikan laut yang terdiri atas lebih kurang 50 spesies yang dikelompokkan didalam 7 sampai 9 genus. ikan terbang ditemukan di seluruh samudra utama, terlebih di perairan tropis serta subtropis di samudera atlantik, pasifik serta hindia. ciri utamanya yang sangat menonjol yaitu sirip dadanya yang besar, sangat mungkin ikan ini meluncur terbang dengan singkat di hawa, diatas permukaan air, untuk lari dari pemangsa. peluncuran mereka umumnya sejauh lebih kurang 50 mtr., tetapi mereka bisa memakai dorongan pada pinggir gelombang sampai bisa meraih jarak sekurang-kurangnya 400m

6
Ikan Bergigi dan Lidah Manusia


ikan bergigi manusia. seorang pemancing di amerika serikat terperanjat bukan hanya kepalang saat ikan yang sukses ditangkap itu, jadi mengigitnya kencang. dia sudah pasti menjerit serta sesudah di check gigi ikan ini serupa gigit manusia. layaknya ditulis situs. orange. co. uk edisi 24 september 2010, frank yarborough tengah memancing di danau wylie, south carolina. belum lama melempar kail, seekor ikan mengigit umpan lantas tersangkut. frank girang bukan hanya kepalang dikarenakan ikan yang terlilit itu sungguh besar. warnanya gelap serta mempunyai berat lebih kurang 5 kilogram dengan panjang nyaris 1/2 mtr.. yarborough menduga itu yaitu ikan lele. dia lalu memasukkan tangannya ke didalam air untuk mengambil ikan tadi. namun, dia jadi kaget serta menjerit dikarenakan didigit kencang layaknya digigit manusia. sesudah di check ikan itu memanglah rada langka. diamemiliki gigi layaknya gigi seri, geraham, serta taring layaknya yang dimiliki manusia. tidak layaknya ikan di danau itu biasanya. ikan langka itu ditangkap serta dibawa pulang. yarborough belum terpikir untuk menggorengnya. sampai saat ini tetap tersimpan didalam lemari es. beberapa pakar biologi yakin ikan itu barangkali dibesarkan didalam sesuatu kolam yang eksotis. robert stroud, seorang pakar biologi perikanan air tawar departemen sumber daya alam di carolina selatan, sudah mengkonfirmasi ada sampel ikan itu. sampel ikan itu sudah dikirim untuk memastikan apa type spesies ikan misterius itu.

7 Handfish (Ikan Bertangan)


penampakan ikan ini tampak sektar th. 1990-an serta ikan ini adalah di antara type terbaru dari ikan bertangan yang lain. ikan ini terlihat ganjil dikarenakan tidak berenang serta itu menjelaskan bila mengapa lokasi ikan ini ada di basic lautan. yang anehnya ikan ini memakai tangannya yg semestinya jadi sirip untuk jalan. lokasi ditemukan ikan tersebut ada di wilayah tasmania, pulau australia. kulitnya dilapisi denticle ( sejenis sisik yang kasar/bergigi-gigi ) sehinga ia dijuluki warty anglers ( wart = kutil ). ukurannya lebih kurang 15cm.


Sumber : www.kumpulberita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar